Review Paper Seputar Virtualisasi Server


Pada paper yang berjudul "Review Paper on Resource Optimization of Servers  Using Virtualization" yang ditulis oleh Sarnpreet Kaur dan Ravi Bhushan dari Kurukshetra University. Membahas tentang server virtualization yang dilakukan optimasi resource nya dengan melakukan konfigurasi untuk meningkatkan efesiensi resource manajemen sistem.

Pendahuluan

Salah satu masalah yang dihadapi saat ini adalah membengkaknya kebutuhan hardware dalam melakukan proses. Dengan adanya virtualisasi diharapkan menjadi solusi dengan menambah kemampuan dari sebuah hardware dengan software tambahan.

Virtualisasi akan mengkonversikan resource dari sebuah komputer menjadi pool. Yang setiap pool ini diatur oleh sistem manajemen virtualisasi. Batasan dari virtualisasi dapat dilakukan mulai dari sebuah komputer tunggal sampai data center yang besar dan virtualisasi ini dapat diterapkan di banyak hal seperti server, jaringan, sistem penyimpanan dan aplikasi. Contoh gambar virtualisasi data center seperti Gambar 1.
 
Gambar 1. Server di dalam Virtualisasi

Penjelasan Materi

Teknologi virtualiasi memungkinkan untuk membuat banyak Virtual Machine (VM) ddengan banyak sistem operasi yang dapat dijalankan semuanya dengan kebutuhan hardware yang saling terpisah. Penggunaan pembagian hardware mulai dari processor sampai dengan network yang dapat digunakan VM di saat yang sama. Sistem operasi yang berjalan di VM dapat terlihat perbedaan jauh dengan tanpa menggunakan virtualisasi dan dengan menggunakan virtualisasi.

Sebagai contoh pada Gambar 2 menggambarkan contoh server fisik dimana hanya bisa terdapat satu sistem operasi di satu server. Berbeda dengan Gambar 3 atau server virtual yang dapat menjalankan beberapa virtual machine di atas satu server fisik.

 
Gambar 2. Server fisik


 Gambar 3. Server Virtual

Fitur dari Virtualisasi

1. Menjalankan banyak sistem operasi secara bersamaan
Virtualisasi membuat kita dapat menjalankan lebih dari satu sistem operasi dalam satu waktu. Dengan cara ini kita dapat menjalankan software di suatu sistem operasi dan dapat melakukanya di sistem lain tanpa harus melakukan reboot server.

2. Mudah dalam instalasi software
Vendor software yang menggunakan virtualisasi akan mudah dalam melakukan konfigurasi sitem.

3. Mudah dalam melakukan percobaan dan perbaikan apabila terjadi bencana
Setiap VM terinstall, mesin tersebut dapat dilakukan beberapa operasi seperti cloning, dapat dipindahkan VM tersebut dengan mudah dan apabila terjadi rencana hanya perlu mengembalikan VM ke state sebelumnya.

4. Penggabungan infrastruktur
Virtualisasi secara signifikan dapat ditingkatkan dengan penggabungan resource hardware untuk meningkatkan kapabilitas dari server tersebut.

Review Literatur Survey

Terdapat beberapa literatur yang digunakan dalam mereview seputar resource optimation untuk server virtualization.
a. Virtualization compared to system partioning
b. Server virtualization compared to workload management
c. Server virtualization compared to consolidation
d. Different virtualization approaches

Kesimpulan

Virtualisasi dapat membantu dalam menggabungkan server dan meningkatkan kemampuanya. Ini juga dapat meningkatkan keamanan dan ketersediaan aplikasi yang terdapat disuatu server. Virtualisasi juga membantu dalam mempermudah apabila bencana terjadi di server fisik. Dikedepan arsitektur dari optimisasi resource dan performa metrics menggunakan server virtualisasi dapat lebih di gali lagi.

Referensi 

Kaur, Sarnpreet., Bhushan, Ravi. (2013). Review Paper on Resource Optimization of Servers Using Virtualization. http://ijarcsse.com/Before_August_2017/docs/papers/Volume_3/6_June2013/V3I5-0476.pdf. Diakses pada 5 April 2018



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Web