Membuat Program Input Data Menggunakan Keyboard Dengan Java

Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat program input menggunakan java. Bisa dilihat listing programnya dibawah.

Listing Program



Logika Program

Berikut ini adalah logika program penerapan input data dari keyboard menggunakan bahasa pemrograman Java. Yang dimana user memasukan karakter/ nama lalu program akan menampilan nama yang telah di masukan oleh user.
import java.util.Scanner;
Untuk menginformasikan bahwa kita akan mengimport package yang akan kita gunakan nanti.
public class program1 {
Menunjukan public berarti class ini dapat diakses oleh siapa saja karena public, class yang digunakan bernama program1, class ini harus sama namanya dengan nama file yang tersimpan nanti. Kurung kurawa berfungsi untuk menandakan bahwa bagian yang diapit oleh “ { } “ adalah bagian dari class program1.
public static void main (String []args) {
Kode tersebut merupakan suatu method utama dari program java tersebut, dimana apabila tidak memasukan method di program tersebut maka program tidak akan berjalan. Di suatu program metode yang terdapat kata “ main “ , yang mempunyai fungsi sama dengan public, akan dieksekusi pertama saat program berjalan.
Scanner input = new Scanner(System.in);
Kode diatas yaitu untuk menandakan bahwa komputer akan menerima input yang kita ketik nanti, dimana kita buat dengan nama input tersebut.
String = nama;
Kode diatas membuat data bertipe string dengan nama “nama”.
System.out.print(“Masukan nama anda : “);
Berfungsi untuk menampilkan data ke layar yang di apit oleh double pute “” tersebut.
nama = input.nextLine();
Kode diatas berfungsi untuk mendapatkan input dari keyboard yang dimasukan oleh user, yang akan disimpan dalam variabel nama.
System.out.println("Nama Anda Adalah : "+nama);
Kode diatas untuk menampilkan data ke layar yaitu yang diapit oleh double pute “”, dan ditambah nama yang dimana nama itu adalah variable yang telah berisi nilai dari data yang di input dari keyboard.
}
}

Tanda tutup kurung kurawa diatas yaitu menandakan akhir dari program dengan ditutup oleh kurung kurawa tersebut. Apabila kurung tersebut tidak di masukan maka program akan error karena program diangggap belum selesai karena tidak memiliki tutup dari awal pembukanya.
Output Program

Demikian semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing