Enkripsi Vigenere Cipher

Aspek keamanan selalu menjadi bagian utama dalam dunia teknologi. Baik dalam komunikasi, pembuatan software dan lainya. Salah satu hal yang diperhatikan adalah Enkripsi. Dimana kita mengubah data menjadi sesuatu yang sulit untuk orang lain baca atau buka.

Implementasi dari Enkripsi salah satunya pada saat chat, dimana ada teknologi Enkripsi pada pesan chat tersebut agar tidak mudah disadap. Selain itu pada transaksi elektronik juga karena menyangkut seputar uang aspek keamanan transaksi menjadi hal yang sangat amat utama.

Kali ini akan membahas singkat seputar Vigenere cipher. Dimana Vigenere cipher sendiri adalah metode enkripsi huruf dengan berdasarkan kata dari keyword tertentu. Algoritma ini termasuk kriptografi klasik dan termasuk juga ke dalam cipher abjad-majemuk (polyalpabetic substitution cipher).

Untuk mencoba Vigenere cipher bisa langsung saja, kali ini kita menggunakan tabel bantu yang akan membantu Enkripsi data nantinya.


Penggunaan tabel diatas terbagi menjadi 3 secara garis besar :

PLAINTEXT : Huruf pada bagian atas tabel

KEY : Kunci yang akan digunakan untuk Enkripsi data atau kata nantinya

Ciphertext : Hasil dari Enkripsi

Langkahnya adalah dengan membagi kata menjadi beberapa, sebagai contoh :

PLAINTEXT : INDRANGO

KEY : BLOG
  • Pertama kita bagi kata dengan menjadi per huruf seperti 'I', 'N', 'D', 'R', 'A', 'N', 'G', 'O'.
  • Lalu lihat pada KEY bagi menjadi huruf juga 'B', 'L', 'O', 'G' .
  • Setelah itu cocokan dengan secara berurut seperti huruf 'I', dengan 'B' dan seterusnya. Apabila sampai pada huruf pada KEY habis, mulai lagi dari huruf awalnya 'B'. Setelah selesai maka akan menghasilkan Ciphertext JYRXBYUU.
Langkah diatas terlihat lumayan panjang, tetapi apabila ada tugas dan terburu-buru dalam membuat Enkripsi ini bisa langsung dicoba pada aplikasi web http://www.vigenere.net/. Demikian semoga membantu :)

Sumber :
https://aanghusnimubarokdanuri.wordpress.com/mata-kuliah/kriptografi/vigenere-cipher/
http://www.vigenere.net/
http://mininotemahasiswa.blogspot.com/2015/01/pengertian-vigenere-chiper.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing