Lunturnya Budaya Daerah Indonesia Dikalangan Remaja



#Apa Itu Budaya?

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

#Bagaimana Lunturnya Budaya

Budaya daerah indonesia luntur? Maksudnya? Ya benar, luntur disini diartikan kebudayaan bangsa sekarang sudah mulai luntur dari masyarakat kita karena masyarakat khususnya kita para pemuda lebih condong senang meniru budaya-budaya luar dari pada budaya asal kita sendiri. Seperti para remaja lebih sering menggunakan pakaian yang merupakan kebudayaan barat seperti remaja perempuan yang lebih senang menggunakan celana pendek, mereka melakukan itu agar terlihat lebih cantik padahal salah karena tidak menutup aurat. Sesungguhnya itu telah menyalahi budaya bangsa karena budaya bangsa terkenal dengan sopan santun dalam berpakaian.

 #Penyebab
  • Kurangnya kesadaran masyarakat , kesadaran masyarakat kini terhadap budaya lokal terbilang turun drastis karena mereka lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai perkembangan zaman. Budaya asing yang mereka anggap lebih keren dan lebih praktis padahal banyak budaya indonesia yang lebih dari budaya asing tersebut.
  •  Minimnya Komunikasi Budaya, kemampuan untuk berkomunikasi sangat penting karena agar tidak terjadi salah pemahaman tentang budaya yang dianut. Minimnya komunikasi juga yang sering membuat perselisihan antar suku yang berdampak turunya ketahanan budaya bangsa. Komunikasi antar masyarakat pun penting dengan saling mengenalkan budaya mereka ke masyarakat lain juga ke generasi penerus agar budaya itu tetap hidup dan lestari.
  • Kurangnya pembelajaran budaya, memang betul dalam pembelajaran kita saat ini anak usia dini telah mempelajari budaya yang masuk dalam mata pelajaran di sekolahnya. Namun banyak juga yang tidak menanggap penting mempelajari budaya lokal. Padahal melalui pelajaran budaya ini kita dapat membangun budaya bangsa serta cara beradaptasi budaya lokal di tengah perkembangan zaman ini.

#Dampak

Dampaknya remaja indonesia mulai kehilangan jati dirinya sebagai rakyat indonesia yang memegang teguh budaya indonesia. Budaya baik mulai luntur seperti tarian tarian daerah, kesenian daerah, dan adat daerah, lain juga budaya budaya baik seperti budaya gotong royong, budaya tolong menolong, dan lainya.
Disisi lain ada negara lain yang menklaim budaya indonesia adalah budaya dari negaranya, itu adalah kesalahan besar. Lagi lagi peran remaja diperlukan dalam pelestarian budaya agar tidak di ambil paten budaya itu oleh negara lain.
Juga budaya yang luntur ini akan menyebabkan budaya itu punah dengan tidak diteruskanya ke pada generasi muda atau generasi penerus. Juga berakibat terhadap turunya moral bangsa, turunya nilai religius remaja. Turunya sikap saling menghargai antar masyarakat dan lainya.Seperti berikut adalah dampak dari lunturnya budaya asing yang menyebabkan budaya kita di klaim atau di eksploitasi oleh pihak asing :
  • Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh pemerintah Malaysia
  • Lagu Soleram dari Riau oleh pemerintah Malaysia
  •   Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh pemerintah Malaysia
  • Produk Berbahan Rempah-rempah dan Tanaman Obat Asli Indonesia oleh Shiseido Co Ltd
  •  Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan oleh perusahaan Jepang
Ya benar, memang pihak asing banyak mengklaim budaya kita diatas adalah sedikit contohnya. Mungkin pas di media ada berita tentang pihak asing mengambil budaya indonesia baru kita bergerak dan berkoar untuk mengambilnya kembali. Memang itu salah pihak tersebut tapi sedikit kesalahan dari kita kenapa tidak kita lestarikan agar tidak di klaim oleh pihak asing.

#Solusi

Solusinya kita sebagai remaja seharusnya lebih mencintai budaya kita sendiri, jangan hanya karena budaya kita di akui oleh negara lain. Baru kita unjuk diri dengan berkoar-koar di media sosial, tanpa melakukan aksi nyata untuk mempertahankan budaya tersebut. Setidaknya mari kita mulai lestarikan budaya indonesia dari dalam diri sendiri, seperti mencintai budaya, musik, film, hal hal lain dari negeri kita sendiri.
Juga sebagai remaja mungkin kita bisa mengemas budaya indonesia yang sebelumnya terlihat kuno dan biasa saja, dikemas menjadi lebih menarik. Entah dengan arasement atau tarian, sehingga budaya ini mempunyai nilai lebih dimata orang banyak agar lebih dilirik dan dicintai oleh rakyat indonesia ini.
Mungkin tidak semua remaja indonesia tidak peduli dengan budayanya, masih banyak remaja diluar sana yang masih mencintai dan melestarikan budaya kita. Jadi kita sebagai remaja indonesia mari kita lestarikan budaya indonesia!!!!.
 

#Sumber

http://jendelamasimas.blogspot.com/2012/12/lunturnya-budaya-indonesia.html
http://google.co.id

Komentar

  1. Terimakasih ya,artikel nya cukup membantu untuk tugas

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. izin copas, untuk tugas. makasih sebelumnya,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing