Kita Lihat Website Bekasi Kota Yuk!

Beberapa permerintah kota di Indonesia mulai berbenah diri dengan membuat web sebagai penghubung masyarakat daerah tersebut dengan pemerintah yang bersangkutan. Kali ini mari kita lihat website pemkot Bekasi yang dapat di cek di www.bekasikota.go.id. Sebelum kita menelaah website tersebut kita lebih baik harus mengetahui tentang Kota Bekasi itu sendiri. 

Sejarah Kota Bekasi

Dan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 1950 terbentuklah Kabupaten Bekasi, dengan wilayah terdiri dari 4 kewedanaan, 13 kecamatan (termasuk Kecamatan Cibarusah) dan 95 desa. Angka-angka tersebut secara simbolis diungkapkan dalam lambang Kabupaten Bekasi dengan motto "SWATANTRA WIBAWA MUKTI".

Pada tahun 1960 kantor Kabupaten Bekasi berpindah dari Jatinegara ke kota Bekasi (jl. H Juanda). Kemudian pada tahun 1982, saat Bupati dijabat oleh Bapak H. Abdul Fatah Gedung Perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi kembali dipindahkan ke Jl. A. Yani No.1 Bekasi. Pasalnya perkembangan Kecamatan Bekasi menuntut dimekarkannya Kecamatan Bekasi menjadi Kota Administratif Bekasi yang terdiri atas 4 kecamatan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 1981, yaitu Kecamatan Bekasi Timur, bekasi Selatan, Bekasi Barat dan Bekasi Utara, yang seluruhnya menjadi 18 kelurahan dan 8 desa.

Peresmian Kota Administratif Bekasi dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 20 April 1982, dengan walikota pertama dijabat oleh Bapak H. Soedjono (1982 – 1988). Tahun 1988 Walikota Bekasi dijabat oleh Bapak Drs. Andi Sukardi hingga tahun 1991 (1988 - 1991, kemudian diganti oleh Bapak Drs. H. Khailani AR hingga tahun (1991 – 1997).
Pada Perkembangannya Kota Administratif Bekasi terus bergerak dengan cepat. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi dan roda perekonomian yang semakin bergairah. Sehingga status Kotif. Bekasi pun kembali di tingkatkan menjadi Kotamadya (sekarang "Kota") melalui Undang-undang Nomor 9 Tahun 1996 Menjabat Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Bekasi saat itu adalah Bapak Drs. H. Khailani AR, selama satu tahun (1997-1998).
Selanjutnya berdasarkan hasil pemilihan terhitung mulai tanggal 23 Pebruari 1998 Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Bekasi definitif dijabat oleh Bapak Drs. H Nonon Sonthanie (1998-2003). Setelah pemilihan umum berlangsung terpilihlah Walikota dan Wakil Walikota Bekasi yaitu : Akhmad Zurfaih dan Moechtar Muhammad (perode 2003 - 2008 ).

Lambang Kota Bekasi


Peta Administrasi Wilayah Kota Bekasi

Visi dan Misi Kota Bekasi
Visi :

Bekasi Maju, Sejahtera dan Ihsan”

Misi :
  • Menyelenggarakan tata kelelola kepemerintahan yang baik
  • Membangun Prasarana dan sarana yang serasi  dengan dinamika dan pertumbuhan kota
  • Meningkatkan kehidupan sosial masyarakat melalui layanan pendidikan, kesehatan, dan layanan sosial lainnya.
  • Meningkatkan perekonomian melalui pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, peningkatan investasi, dan penciptaan iklim usaha yang kondusif.
  • Mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tertib, tenteram dan damai.

Isi Website BekasiKota
Pada web ini pada bagian navigasi diisi menu berupa sekilas Bekasi, pemerintahan, produk hukum, perizinan, info, potensi daerah, go green, ebook dan sistem informasi. Disetiap menu tersebut terdapat halaman sendiri yang menampilkan penjelasan dari menu navigasi diatasnya.
Selain itu juga terdapat info info dari tag pada bagian kanan blog ini. Seperti infrastruktur, smarcity, pemerintahan dan lainya. Juga banyak menampilkan info seputar keseharian serta event di Kota Bekasi ini.

Kelebihan dan Kekurangan 
Kelebihan :
  • Dari segi tempilan sudah bagus dengan isi konten yang padat dan menarik.
  • Pemilihan tempat konten juga bagus sehingga menarik minat untuk membaca isi web tersebut.
  • Banyak info menarik yang kita bisa dapat dengan membuka web ini, tentunya sangat membantu kita apalagi mengetahui info seputar kebijakan pemerintah kota Bekasi.
Kekurangan :
  • Tidak bisa meninggalkan komentar atau pesan kepada pemerintah melalui web tersebut. Seharusnya ikut disertakan agar warga bisa memberikan aspirasinya pada pemerintah.
  • Pada bagian bawah terdapat twitter, facebook dan polling yang menurut saya sesuai penempatanya.
  • Pada bagian bawah mungkin diletakan link lebih spesifik agar yang selesai membaca bagian atas setelah sampai dibawah bisa langsung mencari yang mereka mau.
Demikian pembahasan singkat seputar website pemerintah Kota Bekasi. Tentu saja dengan adanya web ini akan membantu pemerintah dalam menjangkau seluruh warganya. Tetapi mungkin lebih diperhatikan lagi agar membuat web ini menarik dan enak dipandang sehingga warga yang membuka akan lebih nyaman dalam melihat konten dari web ini.
Sumber : www.bekasikota.go.id

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Web