Analisa Website Pemkot Bekasi Yuk!


Setelah pada post sebelumnya membahas tentang Web Pemkot Bekasi. Kali ini kita akan menganalisa web tersebut kali ini yang kita analisa adalah rank web tersebut menggunakan Alexa dan kita analisa teknologi yang digunakan pada web tersebut menggunakan Build With. Tools yang digunakan diatas adalah free dengan beberapa fitur walau terbatas tetapi tentu kita dapat menganalisa menggunakan tools tersebut.

1. Alexa

Ini adalah tool yang memiliki banyak fungsi banyak digunakan untuk analisis digital marketing seperti mengetahui traffic web kita dan masih banyak lagi. Dibawah adalah penjabaran hasil analisis web Pemkot Bekasi.

Traffic Rank
Menampilkan ranking web tersebut, terdapat dua parameter rank di Indoensia dan rank Global.


Audience Geopraphy
Disini ditampilkan sumber orang yang mendatangi web ini, karena web ini adalah web pemerintah yang tentu saja pengguna banyak berasal dari Indonesia. Dibawahnya juga terdapat bounce rate, daily pageviwe dan daily time site. Bounce rate ini tinggi menunjukan kinerja web buruk.


Dibawah adalah tampilan dari Search Traffic dan Top Keyword dimana itu adalah keyword mencari apa ketika membuka web ini.


Total Sites Linking in yaitu banyaknya web yang terhubung dengan web ini. Bisa dilihat terdapat beberapa web yang terhubung.


Dibawah sub domain yang banyak dikunjungi oleh pengunjung.


Terakhir adalah demographi dari web ini.


2. Built With


Build with ini sendiri adalah web yang berfungsi untuk melihat teknologi yang terdapat pada web tertentu. Berikut adalah hasil analisa teknologi yang digunakan oleh website Pemkot Bekasi.

Web Server
Ini adalah teknologi yang digunakan untuk menampilkan web pada sisi server. Selain apache terdapat juga nginx. Pada web pemkot kali ini menggunakan Apache.
Hosting Provider
Penyedia jasa hosting server maupun domain disediakan oleh PT.Telkom, tidak salah pemkot Bekasi memilih hosting ini. Karena mereka pun lembaga pemerintah dan Telkom pun masih BUMN.

Frameworks
Bahasa pemrograman yang digunakan oleh web tersebut adalah PHP dan menggunakan flash sebagai pemanis tampilanya.

Analytics and Tracking
Pemkot Bekasi menggunakan Google Analytics untuk memonitoring web tersebut. Seperti traffict, bounce rate dan lainya. Juga menggunakan beberapa universal app seperti Twitter Platform untuk menampilkan twitter feed dan lainya.



Audio/ Video Media
Web ini menggunakan Youtube sebagai media untuk menampilkan video.

Widgets
Pemkot Bekasi menggunakan beberapa widget untuk mempercantik tampilan webnya. Seperti Twitter time line untuk menampilkan twitter, Font Awesome untuk mempercantik tampilan.

 Mobile
Menggunakan viewport meta untuk membuat tampilan web sesuai dengan gadget mobile yang digunakan untuk membukanya.

Content Delivery Network

Aggregation Functionality

Server Information
Pemkot Bekasi menggunakan server linux dengan os CentOS yang lumayan sudah teruji kemampuanya sebagai server.

 CSS Media Query


Demikian hasil analisa website Pemkot Bekasi yaitu bekasikota.go.id dengan menggunakan dua tool. Hasil analisis ini semata hanya untuk mengetahui web. Semoga dengan mengetahui hasil analis ini dapat mengevaluasi web tersebut sehingga bisa ditingkatkan kedepanya.

Sumber :
  • bekasikota.go.id
  • www.alexa.com
  • www.builtwith.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing