Privacy Web


Sebelum nya apa sih privacy atau privasi itu? Privasi merupakan suatu hal yang sangat penting baik bagi individu maupun lembaga atau instansi untuk berhadapan dan berinteraksi dengan individu atau lembagai lain. Salah dalam penyampaian informasi yang memiliki kemungkinan bernilai confidential, classified dan rahasia tidak dapat dipungkiri akan menyebagkan kerugian baik material maupun non material.

Apalagi jika sifat informasi tersebut merupakan rahasia berisi peta kekuatan dan kelemahan dari kompetitor, terlebih lagi jika rahasia tersebut berkaitan dengan organisasi swasta maupun pemerintah. Kalau berkaitan dengan informasi pribadi yang diak ingin dibagi dan diketahui oleh umum, namun sudah terlanjur tersebar dan diketahui oleh khalayak luas, kejadian ini akan menjadi sangat krusial dan mungkin dapat membahayakan posisi dan kreadibilitas yang bersangkutan.


Seperti berita yang masih hangat beberapa hari ini seputar panama papers dimana terdapat paper berukuran 2 terabyte lebih yang menyimpan surat elektronik, tabel keuangan, paspor dan catatan pendirian perusahaan, yang mengungkapkan identitas rahasia dari pemilik akun bank dan perusahaan di 21 wilayah atau yuridiksi offshore. Didalam data itu, tersimpan pula rahasia hasil kejahatan, seperti harta hasil curian, korupsi atau pencucian uang. Setidaknya ada 128 politikus dan pejabat public dari seluruh dunia yang namanya tercantum dalam jutaan dokumen yang bocor ini.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang privasi dan segala hal yang berkaitan dengan aktifitas seseorang saat online, akan dijelaskan definisi privasi agar memiliki pemahaman yang lebih lengkap dan komprehensif. Privasi merupakan konsep abstrak yang mengandung banyak makna. Penggambaran populer mengenai privasi antara lain adalah hak individu untuk menentukan apakah dan sejauh mana seseorang bersedia membuka dirinya kepada orang lain atau privasi adalah hak untuk tidak diganggu.


Setelah mengetahui kita bisa mengetahui apa itu privacy kita bisa mengetahui tentang privacy pada web atau privacy dalam berselancar di internet. Selama beberapa tahun terakhir, internet telah menjadi hal yang baru, menjadi bagian dari hidup dari negara maju. Hal ini dapat meningkatkan jumlah penggunaan internet, serta bagaimana informasi dikumpulkan dan digunakan mulai berubah.

Berbagai data informasi kini dikumpulkan dengan peningkatan frekuensi dan dalam konteks yang berbeda, membuat individu menjadi lebih transparan. Bahkan, terkadang seseorang dengan mudahnya mengungkapkan segala isi hatinya dalam beberapa comment di akun jejaring sosial yang akrab dan digandrungi remaja.

Tidak salah jika muncul pendapat bahwa “saat ini masalah privasi bukan hal besar, karena perkembangan teknologi telah menyebabkan munculnya informasi dari “masyarakat“ yang mampu mengumpulkan, menyimpan dan menyebarluaskan serta meningkatkan jumlah data tentang individu.

Alternatif apabila kita ingin privacy lebih aman bisa menggunakan tidak beridentitas atau anonimitas. Dimana prinsip dari anonimitas adalah untuk privasi sedangkan privasi belum tentu membutuhkan anonimitas, walau biasanya memerlukan. Kita bisa menggunakan tor browser atau icognito mode pada browser agar lebih aman dalam berselancar di internet.

Tentu saja semakin kedepan privacy semakin tidak dipentingkan, pengguna dengan bebas memasukan data pribadi mereka ke internet. Oleh karena itu kita sebagai pengguna harus lebih teliti dalam memasukan data ke web yang akan kita gunakan. Agar tidak terjadi penyalahgunaan data yang kita miliki.

Sumber :
  • Prasetyo Yuwinanto, Helmy. Kebijakan Informasi dan Privacy. http://web.unair.ac.id/admin/file/f_34502_Inf_Policy_Privacy.pdf. (Diakses pada tanggal 9 April 2016)
  • TEMPO. Apa Itu Skandal Pajak Panama Papers? Ini Penjelasanya. https://m.tempo.co/read/news/2016/04/05/116759790/apa-itu-skandal-pajak-panama-papers-ini-penjelasannya. (Diakses pada tanggal 9 April 2016)
  • Setiawan, Deris. (2006). Sistem Keamanan Komputer. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  • Rahardjo, Budi. (2002). Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. Bandung: PT Insan Infonesia. http://mirror.unej.ac.id/iso/dokumen/ikc/budirahardjo-keamanan.pdf. (Diakses pada 9 April 2016)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing