Hypertext Transfer Protocol (HTTP)



Bagi yang belajar web development atau cara membuat web tentunya akan berkenalan dengan hal ini. Tentunya kita tidak asing lagi dengan kata HTTP. Dalam penyebutan nama website pun dulu kita biasa menggunakan kata HTTP tersebut. HyperText Transfer Protocol merupakan protokol utama yang digunakan untuk mengakses data melalui Word WideWeb.

Protokol ini dapat digunakan untuk mentransfer data dalam format plaintext, hypertext, audio, video dan lain-lain. Namun demikian protokol ini lebih umum disebut dengan protokol transfer berformat hypertext dengan alasan efisiensi.

Satu hal lagi yang berhubungan dengan HTTP adalah HTML dimana tentunya halaman web terdiri dari bahasa HTML. Yang digunakan untuk mengatur konten pada web tersebut. Tanpa HTML mungkin web tidak akan jadi seperti sekarang.

HTML juga merupakan suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dieksekusi dari satu platform komputer ke platform komputer lainya tanpa perlu melakukan suatu perubahan apapun dengan suatu alat tertentu.

Kerja HTTP sangat sederhana. Jika ada request (permintaan), maka sesegera mungkin server akan merespons (memanggil) permintaan client. Transaksi yang dilakukan oleh HTTP dapat digambarkan pada Gambar 11.1 berikut.


Terdapat dua tipe message dari HTTP, yakni request message dan response message. Request message terdiri dari request line, header dan body. Request line dibagi 3 komponen: request type (method), resource (URL) dan versi HTTP. Uniform Resource Locator (URL) merupakan informasi alamat di mana sebuah dokumen dapat diakses dalam halaman Web. URL dibagi dalam tiga bagian method, host computer, port dan path (lihat Gamber 11.2).


Method adalah protokol yang digunakan untuk akses dokumen. Method ini dapat dioperasikan Groper, FTP, HTTP, News dan TELNET. Host komputer merupakan alamat dalam format nama (host name) ataupun bisa berupa IP Address dari suatu host. Sedangkan port number, menunjukan dari suatu layanan yang disediakan oleh sebuah host yang diminta client. Sedangkan path adalah lokasi direktori dari suatu file yang akan diakses.

Request type yang merupakan bagian dari request line dapat didefinisikan dalam beberapa bagian message yang disebut dengan request method. Request method berbeda dengan method dari bagian dari method URL. Request method tersebut antara lain GET, HEAD, POST, PUT, PATCH, COPY, MOVE, DELETE, LINK, UNLIK dan OPTION.

Response Message merupakan tantangan tanggapan yang diberikan oleh server yang terdiri dari line status, header dan body. Status line terdiri dari HTTP version, status code dan status phrase. Status code merupakan sebuah code yang menandakan bentuk respons yang diberikan oleh server. Status code berupa status informasional, success redirection. Client error, dan juga server error. Kode dari status kode ini dilengkapi dengan keterangan di sebelah kananya, yang disebut dengan status phrase.

Sumber :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing