FTP (File Transfer Protocol)


FTP (File Transfer Protocol) merupakan aplikasi yang berguna untuk mentransfer file dari komputer satu ke lainya. FTP memungkinkan file-file ditransfer tanpa memperhatikan bagaimana komputer dihubungkan atau sistem operasi apa yang digunakan. Bila kedua komputer memahami protokol FTP,maka kedua komputer tersebut dapat saling bertukar file. Meskipun perbedaan perintah-perintah FTP sedikit bervariasi dan implemetasi satu dengan yang lainya, namun strktur FTP pada dasarya masih sama. Karena file-file berada di berbagai komputer yang bereda,maka protokol FTP memungkinkan penanganan perbedaan-perbedaan ini.

Dalam FTP hubungan koneksi terdiri dari dua hubungan, yang berfungsi untuk transfer data dan kontrol. FTP menggunakan layanan TCP menggunakan well-unknown port 21 sebagai control connection dan well-unknown port 22 untuk data transfer. Control connection terlebih dahulu membentuk hubungan sebelum transfer data dilakukan.

FTP sendiri merupakan awal mula terciptanya cloud computer dimana kita dapat menyimpan data secara online di cloud atau awan yang kita tidak tau fisik komputer tersebut ada dimana. Didalam dunia jaringan terdapat beberapa jenis FTP yang sering digunakan. Yaitu FTP Server dan FTP Client, pada FTP Server berfungsi sebagai tempat kita mentranfer data dari komputer kita ke penyimpanan server. Sedangkan FTP client digunakan untuk media mentransfer file kita dari komputer ke server.

FTP pada client umumnya sudah terdapat dalam sistem operasi bawaanya ataupun kita bisa menginstall sendiri seperti menggunakan filezilla yang biasa orang gunakan. FTP pada server umumnya diinstal terlebih dahulu pada linux server bisa menggunakan proftpd atau vstpd yang bisa digunakan.

Selain jenis FTP tersebut isu yang banyak dibicarakan adalah soal keamanan dari FTP tersebut, di jurnal referensi juga menjelaskan tentang pengamanan dari transfer data pada FTP. Karena FTP sendiri menyangkut file pribadi yang tentu saja akan berbahaya jika bobol dan orang lain bisa mengaksesnya.

Sekarang FTP banyak digunakan sebagai repository bagi program/ sistem operasi open source seperti ftp kambing ui, komodo dan lainya. Karena mudah untuk digunakan dan tentunya banyak FTP server pada linux itu open source jadi kita bisa menggunakanya.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing