Mencari Warna HTML dengan GColor 2


Sebagai web developer khususnya bagian front-end tentunya akan bermain dengan kode kode html ataupun css. Tentunya tidak dipisahkan dengan warna yang menjadi tampilan dari suatu web itu sendiri. Kita sebagai programmer tentu akan sulit dalam menghafal semua warna khususnya yang hexadesimal yang memiliki 6 digit warna dimulai dari nol sampai F.

Apalagi kalau banyak warna yang digunakan, tentunya akan mempersulit kita. Oleh karena itu disini saya menggunakan aplikasi Gcolor 2 yang berfungsi sebagai pallete pemilih warna. Pada aplikasi ini kita bisa memilih warna baik menggunakan roda pallete ataupun manual dengan memasukan angka Red, Green dan Blue sampai kita mendapat warna yang sesuai.

Selain itu pada aplikasi ini kita bisa mengambil warna yang telah ada pada suatu gambar dimanapun dengan menggunakan eyedropper. Fitur ini mirip seperti yang terdapat pada paint yang bisa mengambil warna dari seluruh bagian di desktop dengan mengambil satu titik.

Juga terdapat warna yang telah disimpan sebelumnya atau yang telah disimpan dengan nama yang telah ditentukan. Seperti warna “ghost white”, “linen” dan lainya. Sehingga kita tidak perlu mencari melalui roda pallete tinggal bisa membuka saved color untuk kita gunakan selanjutnya. Selain itu dari warna yang kita cari juga dapat disimpan, sehingga kita dapat mengambilnya langsung apabila dibutuhkan nantinya.


Kali ini saya akan menjelaskan cara menginstall aplikasi ini, saya menggunakan elementary os sebagai sistem operasinya. Menginstal aplikasi ini terdapat beberapa cara :

Melalui Software Center

Dengan cara ini tentunya akan lebih mudah dalam menginstallnya. Kita hanya perlu membuka aplikasi Software Center pada Linux kita.



Setelah itu tinggal di klik GColor2 lalu klik install, tunggu sampai selesai. Maka akan ada aplikasi tersebut pada menu kita.

Melalui Terminal

Dengan cara ini mudah juga, kita tinggal buka terminal. Lalu masuk ke root dan install aplikasinya.


Setelah itu kita bisa membuka aplikasi tersebut.

Terakhir kita bisa mendownloadnya langsung dari situs resminya di : 

http://gcolor2.sourceforge.net/

Demikian penjelasan tentang Mencari Warna HTML dengan GColor 2 , semoga dapat membantu apabila mendesign tampilan front end.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing