Rilis Pada Indie Game


Banyak pengembang game Indie yang mengerjakan game mereka serba sendiri. Mulai dari pembuatan, pemasaran, promosi sosial media, fan base dan lainya. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin harus terdapat dalam checklist marketing.

Harus dimiliki!
Sebelum berpikir untuk meluncurkan sebuah game ke pasar, setiap pengembang indie game harus mengetahui hal berikut :
  • Website – Akan lebih mudah tentunya setiap pengembang game mempunyai website. Dimana website tersebut berisi konten tentang game yang mereka miliki dan game yang akan rilis. Juga lebih untuk mengembangkan brand mereka dan produk game tersebut.
  • Development Blog – Penggunaan blok dalam pengembangan game sangat berguna. Salah satunya untuk memberikan penjelasan kepada user sudah sampai mana game tersebut dibuat. Juga agar mereka dapat melihat progress pembuatan game. Dan dapat menilai pula sebuah game dari proses pembuatanya.
  • Akun Facebook – Gunakan nama team ke facebook, untuk membagi cerita dalam pembuatan game, ide ide game, perkembangan game di team tersebut. Juga untuk berinteraksi dengan pengguna game secara langsung.
  • Akun Twitter – Fungsinya memang tidak berbeda jauh dengan facebook sebagai penghubung ke pengguna. Tetapi dengan twitter kita bisa memberikan informasi perkembangan game secara berkala.
  • RSS Feed – Bukan hal yang buruk, menggunakan RSS feed untuk memberikan informasi seputar game dan perusahaan.
  • Trailer – Langkah terbaik untuk mengenalkan game ke user salah satunya dengan membuat trailer. Atau video pendek yang menceritakan game kita secara garis besar. Sehingga user bisa mengetahui game tersebut dan meningkatkan keingintahuan user kepada game tersebut.
  • Demo – Demo ini berguna untuk user mencoba game yang akan dimainkan nantinya. Dengan adanya demo mereka bisa mengetahui kualitas game kita, dan lebih menarik dalam memainkanya.
Perlengkapan Rilis!
Berikut adalah hal yang harus disiapkan oleh pengembang indie game developer dalam merilis gamenya :
  • Screenshot Screenshot selalu menampilkan gambar terbaik dari game yang ditawarkan. Baik itu tampilan User Interface, Menu dan bagian game lainya. Coba untuk mengambil gambar pada bagian terbaik game tersebut. Karena akan mendapat nilai lebih pada game tersebut.
  • Video – Salah satu media bagus unutk rilis adalah YouTube. Tentunya kita harus membuat video yang bagus agar menarik minat penonton youtube agar melihat video kita.
  • Logo – Ini merupakan salah satu elemen penting dalam rilis. Karena selain orang mengingat nama game. Harus ada logo yang menggambarkan dari game tersebut.
  • Kontak – Kontak ini bermacam macam seperti lik website, link twitter, facebook account dan email address.
  • Game Info – Ini cukup disimpan pada satu halaman. Menjelaskan tentang game tersebut, mulai dari latar belakang, tujuan, manfaat dan lainya.
Sumber :


http://gamedevelopment.tutsplus.com/articles/an-indie-game-developers-marketing-checklist-including-portable-formats--gamedev-7560

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing