Pentingnya Editing Video


Dalam dunia perfilman sangat penting editing video. Walaupun kualitas pengambilan gambar menjadi patokan utama, tetapi tidak dipisahkan dengan editing yang apik akan membuat film/ video menjadi lebih sempurna.

Tahap-tahap editing :

1. Logging

Pada bagian ini kita mencatat dan memilih gambar yang akan kita gunakan dalam video berdasarkan video yang ada didalam masing-masing kaset berdasarka
n script continuity report (catatan time code). Pada bagian ini kita menentukan prioritas gambar yang akan gunakan, juga memilih mana yang cocok.

2. Capturing

Proses pemilihan (transfer) gambar yang terdekat dalam kaset video(tape) kedalam komputer. Pada bagian ini kita memasukan data ke komputer, baik berupa potongan maupun video utuh yang bisa diedit nantinya.



3. Offline Editing

Proses pemilihan (selection) dan penyusunan shot (juxta position) sesuai dengan susunan skenario tanpa menerapkan efek tertentu. Penyusunan sesuai dengan logging yang telah kita buat sebelumnya.

4. Online Editing

Proses penambahan efek-efek tertentu seperti efek transisi, efek warna, efek gerak, caption dan efek-efek lainya sesuai dengan kebutuhan cerita. Seperti efek transisi, efek efek yang berguna untuk mempercantik tampilan video.

5. Sound Scoring

Proses pemilihan materi audio seperti ilustrasi musik, atsmosfir, dan sound effect sesuai dengan kebutuhan cerita. Suara bisa dibuat melalui aplikasi lain, atau bisa diinput dengan mencari source yang sesuai.

6. Mixing

Proses pencampuran dan pengaturan materi audio mulai dari pengaturan level suara hingga pengaturan filter ilustrasi musik untuk menekan kondisi emosi tertentu.

7. Rendering

Proses penyatuan seluruh format file yang ada dalam timeline menjadi kesatuan yang utuh, seperti menyatukan suara dan gambar. Biasanya proses ini memakan waktu yang lebih lama, sesuai dengan spek komputer yang digunakan. Apabila spek tinggi maka akan membuat proses ini berjalan lebih cepat.

8. Export

Proses pemilihan (transfer) hasil penyuntingan kedalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seperti VCD, DVD, maupun kaset video (tape). Pada proses ini pun, video bisa dinikmati dalam bentuk fisiknya.

Memang penting mengedit video sebelum dipublish tentunya, apabila sudah diedit kita bisa mengevaluasi dan menambahakan hal hal agar menjadi lebih baik. Tentunya agar bisa dinikmati lebih oleh orang yang melihat.

Sumber :

http://ichsantikamilah.blogspot.co.id/2012/04/tahap-tahap-editing.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing