Dampak Digital Cinema Terhadap Masyarakat


#Digital Cinema

Memang hal yang sudah tidak terpisahkan dari masyarakat. Hampir setiap orang mau tua, muda dan lainya pasti pernah menonton digital cinema. Kita ambil contoh gampangnya yaitu bioskop. 

Digital cinema ini juga berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat. Dari sisi ekonomi menambah lapangan pekerjaan baru, seperti pembukaan bioskop yang membutuhkan tenaga kerja banyak. Selain itu bagi sisi penikmatnya juga mendapat keuntungan, mereka bisa mendapatkan hiburan dengan harga yang relative. Juga dari sisi kebudayaan, penggunaan digital cinema ini bisa menampilkan budaya budaya local untuk ditampilkan ke masyarakat luas.

#Dampak Positif

Selain itu juga dari digital cinema ini mempermudah dalam penyebaran film, karena berupa data jadi penyebaranya sangat cepat dan luas. Orang dimana saja bisa mengakses film tersebut, apalagi banyak situs untuk menonton secara streming online sebut saja youtube. Kita bisa menonton film yang kita inginkan walau hanya dengan akses internet.

Disaping sisi positif, terdapat sisi negatifnya terhadap kehidupan masyarakat. Dalam sisi sosial budaya digital cinema akan merubah paradigma masyarakat yang biasa menonton secara tradisional. Seperti ditinggalkanya “layar tancep” menjadi bioskop. Karena pada layar tancep padahal terdapat nilai sosial yang bisa diambil seperti kebersamaan, kerukunan yang mulai ditinggalkan karena adanya digital cinema ini khususnya bioskop.

#Dampak Negatif

Juga karena formatnya digital, digital cinema ini rawan pembajakan. Banyak situs situs penyedia link untuk mendownload film. Sebut saja gan*ol yang sekarang sudah diblok oleh pemerintah Indonesia. Juga melalui torrent terjadi pembajakan juga, tentu saja merugikan pihak film produksi yang membuat film tersebut dengan susah payah, tetapi tidak dihargai dan dibajak.

#Kesimpulan

Kesimpulanya, digital cinema khususnya bioskop memiliki dampak terhadap masyarakat. Dapat berdampak positif maupun negatif, sesuai dengan penggunaanya pada masyarakat. Dengan adanya digital cinema tentu saja membantu kita menuju masa depan yang lebih baik, tapi tentu saja kembali kepada kita akan digunakan untuk apa hal tersebut.

Sumber gambar :
www.google.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing