Manusia dan Tanggung Jawab


A. Pengertian Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus besar bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung sesuatu. Sehingga menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatanya yang disengaja maupun tidak di sengaja. Tangugng jawab juga berarti sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibanya.

Tanggung jawab bermakna kita setiap melakukan harus berani menanggung resiko apapun yang terjadi. Baik itu baik ataupun buruk karena itu adalah perbuatan kita.

B. Macam-macam Tanggung Jawab

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran terhadap setiap orang untuk memenuhi kewajibanya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
Contoh : Manusia mencari makan, tidak memakai narkoba, menjaga kesehatan.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil, tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan. 
Contoh : Seorang ayah rela bekerja membanting tulang demi memenuhi tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Karena kedudukanya sebagai makhluk sosial, sehingga membutuhkan manusia lain, maka ia harus berkomnunikasi terhadap manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia ini adalah anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain. Wajarlah apabila tingkah laku dan perbuatanya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
Contoh : Tanggung jawab untuk kerja bakti membersihkan lingkungan

4. Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara

Suatu kenyataan lagi, bahwa setiap manusia, setiap individu adalh warga negara suatu negara. Dalam berfikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang telah dibuat oleh suatu negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
Contoh : Seorang warga negara yang bersalah harus dihukum sesuai hukum yang berlaku.

5. Tanggung jawab terhadap tuhan

Tuhan menciptakan manusia bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan, manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.
Contoh seorang muslim menjalankan shalat lima waktu, apabila tidak maka ia akan berdosa.

C. Pengabdian dan Pengorbanan

Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.
a. Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik berupa pikiran, pendapat sebagai perwujudan kesetiaan atau suatu kesetiaan yang dilakukan dengan ikhlas.
Macam – macam pengabdian seperti pengabdian terhadap tuhan, terhadap raja, terhadap pemimpin.
Contoh :
Seorang prajurit mengabdi terhadap suatu negara, mengikuti setiap langkah militer negara tersebut. Karena mereka yakin mereka mengabdi untuk hal yang benar yaitu menjaga keutuhan negara tersebut.

b. Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan tidak mengandung pamrih.
Macam-macam pengorbanan seperti berkorban untuk negara, untuk keluarga.
Contoh :
Pahlawan dahulu berkorban jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan indonesia.

Sumber :
http://vinnikehw.blogspot.com/2013/12/manusia-dan-tanggung-jawab-ilmu-budaya.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Web