Membuat Mail Merge Pada Microsoft Office Word

Berikut ini adalah langkah membuat mail merge pada microsoft office word. Kali ini saya menggunakan microsoft office word 2010 sebagai medianya.
Pertama kita buka microsoft office wordnya, lalu buat tampilan seperti dibawah. Tampilan di bawah ini digunakan sebagai template yang nanti akan berisi nilai yang di input pada file lain.
Setelah itu ke tab Mailings, pilih Start Mail Merge, lalu pilih Letters. Memilih letter karena kita akan membuat dalam format letter.
Lalu pilih Select Recipents, pilih Type New List. Karena sebelumnya kita tidak mempunyai list untuk diisi ke template oleh karena itu kita membuat baru.
Lalu akan keluar tampilan seperti dibawah ini, yaitu menu New Address List, setelah itu klik pada bagian bawah Costumize Colums untuk merubah nama coloums.
Ini adalah tampilan setelah mengklik tadi, tampilan Costumize Address List. Setelah itu klik Rename untuk mengubah nama field.
Ubah Field Names menjadi seperti dibawah, hapus field name yang tidak digunakan. Lalu klik Ok.
Lalu tampilan pada New Address List akan berubah, yaitu nama kolom dan jumlahnya akan berubah sesuai yang kita buat tadi.
Setelah itu isi setiap kolom, dan tambahkan kolom baru dengan klik New Entry sampai berjumlah 15. Lalu isi semuanya dari NoInduk sampai Email. Setelah itu klik Ok.
Setelah tadi klik Ok, akan keluar tampilan Save Address List. Kita ubah namanya menjadi Data Source dan klik Save.
Setelah itu kembali ke laman awal. Klik bagian Mailings, lalu klik Insert Merge Field dan pilih NoInduk pada bagian No. Induk.
Lakukan hal tersebut pada semua elemen seperti Nama, Alamat, Jurusan, Fakultas, Telepon dan Email seperti gambar dibawah.
Sekarang kita masuk ke tahap akhir yaitu Finish & Merge, pilih Edit Individual Document untuk melihat tampilan.
Lalu pilih All, untuk melihat semua element dan klik Ok.
Dan akan muncul file baru yang menampilkan template kita diisi dengan data yang telah kita inputkan sebelumnya berjumlah 15 kartu nama. Setelah itu bisa di save file dokumen tersebut agar tidak hilang. Demikian proses pembuatan mail merge pada microsoft office word.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing