ISD Sebagai Salah Satu MKDU


1. Pengertian , Tujuan , ISD dan IPS

A. Pengertian ISD

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang membahasa masalah-masalah sosial, seperti yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan fakta, teori dan konsep yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.

B. Tujuan ISD

a) Membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan yang lebih luas.
b) Memahami dan menyadari kenyataan-kenyataan sosial dan masalah yang ada didalam masyarakat.
c) Peka terhadap masalah sosial dan tanggap untuk ikutserta dalam usaha menanggulanginya.
d) Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.

C. Kelompok Ilmu Pengetahuan

a) Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b) Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, geografi dan lain lain.
c) Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.

2. ISD dan IPS

A. Perbedaan Antara ISD dan IPS

Ilmu pengetahuan dapat dikelompokan melalui beberapa cara. Secara umum ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, dan ilmu pengetahuan budaya atau lebih umum disebut ilmu pengetahuan humaniora. Pengelompokan ilmu pengetahuan ini yang mendasari pengembangan Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar sebagai matakuliah dasar umum yang wajib diambil oleh mahasiswa di samping matakuliah dasar umum lainnya seperti Agama, Pancasila, dan Kewiraan.
Mata kuliah Ilmu Sosial Dasar bukanlah merupakan suatu disiplin ilmu tetapi lebih merupakan kajian yang sifatnya multi atau interdisipliner. Ilmu Sosial Dasar diajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum kepada mahasiswa tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitamya. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungan sosialnya. Dengan kepekaan sosial yang dimilikinya, mahasiswa diharapkan memiliki kepedulian sosial dalam menerapkan ilmunya di masyarakat.
Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

B. Persamaan Antara ISD dan IPS

a) Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan pendidikan/pengajaran.
b) Keduanya bukan ilmu disiplin yang berdiri sendiri.
c) Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

3. Ruang Lingkup ISD

Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan nilai penduduk/masyarakat yang bertempat di satu wilayah/ Negara yang dapat menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang berada di sekelilingya dengan cara bersosialisai,yang terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu: (fakta, konsep, dan teori) nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial ,sosiologi, antropologi, psykologi sosial.disetiap masalah pasti ada jalan keluarnya bagaimanapun itu caranya pasti ada saja yang menemukannya, melihat dari adanya fakta, maka dari itu didalam Ilmu sosial dasar terdapat tiga golongan bahan pelajaran seperti dibawah ini.
a) Nilai yang menjadikan sebuah masalah masyarakat yang menjadi keprihatinan publik yang harus segera diselesaikan karena apa bila tidak diselesaikan keributan tersebut akan ke wilayah masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah seperti itu maka akan merusak lingkungan tersebut.
b) Menangani sebuah permasalahan yang timbul akibat disengaja atau pun tidak disengaja kita harus bisa mempelajari masalah tersebut agar tidak muncul masalah yang sama dengan tingkat kerumitan yang berbeda.
c) Sesuatu yang keterkaitannya dengan masalah yang berhubungan dengan masalah yang satu dengan masalah yang lainnya, merupakan obyek yang tidak mudah untuk mencari sumber masalahnya apa bila semuanya memiliki keterkaitan dalam sumber yang sama.

4. Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing