Penggunaan IPTEK Di Universitas Gunadarma

Apasih IPTEK?








IPTEK merupakan akronim dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Istilah ini terbentuk dari dua hal yan berbeda, tetapi berjalan beriringan mencapai satu hal yang sama, yakni kemajuan kehidupan makhluk hidup. Ilmu pengetahuan adalah suatu pengetahuan yang didasarkan pada kebenaran yang pengujianya diatur menurut tingkah laku suatu sistem. Pasti dalam kehidupan, kita tidak akan jauh dari yang namanya iptek. Mulai dari handphone, televisi, kulkas, kendaraan bermotor. Kali ini saya akan membahas beberapa contoh penggunaan IPTEK dalam dunia perkuliahan untuk mendukung proses belajar mengajar berlangsung. Kali ini saya mengambil contoh dari kampus saya Universitas Gunadarma.

Sejarah Universitas Gunadarma

Pertama kita akan bahas sejarah singkat tentang Universitas Gunadarma. Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.


Contoh Penggunaan IPTEK

Dibawah adalah contoh penggunaan IPTEK di Universitas Gunadarma, sebenarnya ada banyak penggunaan IPTEK ini di kampus ini, tapi yang akan jelaskan beberapa contoh dibawah ini :

#Studentsite


Studentsite adalah salah satu jenis layanan online yang ada di Universitas Gunadarma yang berupa situs pribadi mahasiswa yang berisi tentang informasi, pemberitahuan tentang perkuliahan dan tugas, adanya data tentang tugas dan tulisan yang telah di link dan adanya data seminar yang telah diikuti. Fitur pada studentsite seperti webmail, info absensi, jadwal kuliah, jadwal ujian.
Bisa dilihat pada alamat : http://studentsite.gunadarma.ac.id

#BAAK Online

BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan pneyelengaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
- BAAK Fakultas
- Bagian Ujian Semeseter dan Bank Soal
- Bagian Kordinasi Perkuliahan
- Bagian Monitoring Kuliah
Bisa dilihat pada alamat : http://baak.gunadarma.ac.id

#SAP

Satuan Acara Perkuliahan(SAP) berisi pembagian materi suatu mata kuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasi mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.

#V-Class

Virtual Class, sesuai dengan namanya kelas diadakan secara virtual yaitu melalui komputer, laptop dan alat elektronik lainya yang terhubung dengan jaringan internet yang diperuntukan untuk mahasiswa dan dosen Universitas Gunadarma. V-class biasanya diadakan saat dosen berhalangan hadir di kelas untuk bertatap muka dengan mahasiswanya.
Bisa dilihat pada alamat : http://v-class.gunadarm.ac.id

#iLab


iLab atau Integrated Laboadalah laboratorium praktikum mahasiswa gunadarma, ilab ini terletak di lantai 3, gedung 1, kampus H Kelapa Dua. Fitur-fitur atau menu pada iLab Universitas Gunadarma.

#Laboratorium

Gunadarma banyak memiliki lab komputer yang digunakan untuk kegiatan praktikum mahasiswa Universitas Gunadarma. Ada berbagai macam laboratorium di universitas gunadarma seperti lab ti dasar, lab akutansi, lab manajemen dan lainya.

Kesimpulan

Pengunaan IPTEK dalam dunia kuliah memang sangat membantu dalam proses belajar mengajar, baik kepada dosen untuk mempermudah menerangkan materi dan kepada mahasiswa lebih mudah memahami materi yang di berikan.

Sumber

http://rascalsilvent.blogspot.com/2012/01/v-class-gunadarma.html
http://jabbarspace.blogspot.com/2010/10/pengertian-studentsite-dan-baak-online.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Web