OpenWRT - Kebebasan Dalam Wireless

Itulah yang dikatakan dalam mottonya ' Wireless Freedom'. OpenWRT ini adalah sistem / tertanam sistem operasi operasi berbasis kernel Linux, dan terutama digunakan pada perangkat embedded untuk lalu lintas jaringan rute. Komponen utama adalah kernel Linux, util-linux, uClibc dan BusyBox. Semua komponen telah dioptimalkan untuk ukuran, harus cukup kecil untuk pas ke dalam penyimpanan dan memori yang tersedia dalam router rumah terbatas.

OpenWRT dikonfigurasi menggunakan antarmuka baris perintah (shell ash), atau antarmuka web (LuCI). Ada sekitar 3500 paket software opsional tersedia untuk instalasi melalui sistem manajemen paket opkg.
OpenWRT dapat dijalankan pada router CPE, gateway perumahan, smartphone (misalnya Neo FreeRunner), komputer saku (misalnya Ben NanoNote), dan laptop (misalnya One Laptop per Child (OLPC)). Juga, adalah mungkin untuk menjalankan OpenWRT pada komputer biasa (misalnya arsitektur x86). Banyak patch dari basis sumber OpenWRT telah dimasukkan hulu di kernel resmi Linux.

Sejarahnya:

Proyek ini muncul menjadi ada karena Linksys dibangun firmware untuk router WRT54G nirkabel mereka dari kode tersedia untuk umum berlisensi GPL . Menurut ketentuan lisensi itu, mereka diminta untuk membuat kode sumber versi mereka dimodifikasi tersedia di bawah lisensi yang sama , memungkinkan pengembang independen untuk membuat versi turunan tambahan . Dukungan pada awalnya terbatas pada seri WRT54G , tetapi sejak itu telah diperluas untuk mencakup banyak chipset lainnya , produsen dan jenis perangkat , termasuk Plug Komputer dan ponsel OpenMoko .

Menggunakan kode ini sebagai dasar dan kemudian sebagai referensi , pengembang menciptakan sebuah distribusi Linux yang menawarkan banyak fitur yang sebelumnya tidak ditemukan dalam router tingkat konsumen . Beberapa fitur sebelumnya diperlukan perangkat lunak berpemilik . Sebelum pengenalan OpenWRT 8.09 , menggunakan Linux 2.6.25 dan modul kernel b43 , WLAN untuk banyak router berbasis Broadcom hanya tersedia melalui modul milik wl.o yang juga disediakan untuk Linux kernel versi 2.4.x hanya.

Nama-nama kode cabang OpenWRT dinamai minuman beralkohol , biasanya termasuk resep mereka di layar login SSH juga, lih . Putih Rusia , Kamikaze , Backfire , Attitude Adjustment , Barrier Breaker .
The pendarahan batang pengembangan tepi itu membingungkan juga disebut Kamikaze sampai Februari 2011 tetapi dengan r25514 itu diubah namanya sebagai " Attitude Adjustment " dan sekarang sedang terus diganti dengan nama stabil berikutnya .

OpenWRT ini memiliki banyak fungsi diantaranya:
- File sharing
- Asterisk (PBX)
- MQ Telementry
- Wireless Distribution System (WDS)
- Routing
- DNS
- DHCP
- IPS via Snort
Dan masih banyak lagi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Sorting dan Searhing