“ OpenShot” Aplikasi Mengedit Video di Linux



Mengedit video? Ya, merupakan salah satu hal penting dalam membuat film/video menjadi lebih bagus. Anda juga bisa mengdit video wedding, video lucu atau pun video lain yang bisa diedit. Entah menambahkan suara, menambahkan effect, membuat transisi. Aplikasi ini merupakan solusi untuk referensi mengedit video di Linux.

Pasti beberapa bingung dengan menggunakan aplikasi apa untuk mengedit video di Linux. Mungkin bagi pengguna os jendela sangat mudah untuk mencari aplikasi untuk editing video. Kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal seputar OpenShot untuk mengedit video.

OpenShot Video Editor adalah video editor non-linear gratis yang sifatnya open source. Shot dapat membuat dan mengedit video dan film di Linux dan bisa menggunakan berbagai format video. Dengan tampilan yang mudah dipahami karena mirip dengan Windows Movie Maker, Open Shot sangat cocok bagi pemula yang ingin menggunakan video editor.

OpenShot merupakan proyek perangkat lunak open source di bidang multimedia yang dikembangkan oleh Jonathan Thomas dan tim mulai tahun 2008. Perangkat lunak open source ini disediakan untuk berbagai macam distribusi (distro) Linux dan saat ini sudah dipaketkan di setiap repository. Anda juga bisa mengunduh paketnya dan meng-compile sendiri.

Dalam segi kemampuan, OpenShot dapat menyisipkan suara sampai dengan beberapa track berlapis, memasukan gambar, memberian watermak pada video, menambah animasi transisi video, bahkan sampai dengan animasi 3D.

Sebagai sebuah aplikasi editing video/film, OpenShot menyuguhkan berbagai fitur. Antara lain :
  1. Mendukung format ekstensi berbagai macam video, audio, dan gambar. Namun untuk ini disarankan pada distro Linux Anda sudah tersedia codec multimedia atau installah terlebih dahulu. OpenShot dapat memberikan fitur ini dengan adanya dukungan dari engine FFMPEG, salah satu pemain lama di dunia linux dan open source untuk multimedia.
  2. Anda pengguna Desktop Environment (DE) Gnome? Jika ya, ketahuilah bahwa OpenShot mendukung proses drag and drop dan terintegrasi dengan Gnome. Bagaimana dengan pemakai DE lainnya, misal XFCE, LXDE, KDE, Eblighment, dan lainnya dalam menjalankan OpenShot? Tidak masalah dalam menggunakan OpenShot.
  3. Tersedia berbagai macam efek dan transisi yang siap digunakan, meliputi efek video dan efek audio. Pembahasan detail beserta capture akan dijabarkan di bawah.
  4. Mendukung real time preview. Ini sangat bermanfaat untuk menampilkan langsung (preview) video/film yang telah Anda berikan efek, transisi, atau editing. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat memberikan penilaian sebelum memutuskan apakah video/film/audio/kumpulan gambar yang sedang Anda edit tersebut akan dieksport, disimpan, atau dihapus.
  5. Mendukung multiple track. Hal ini juga sangat bagus untuk melakukan multiple pengeditan, baik audio, video, maupun kumpulan gambar. 
Sumber
http://bisakomputer.com/editing-video-dan-film-di-linux-menggunakan-openshot/
http://vpswp.blogspot.co.id/2015/02/cara-instal-openshot-aplikasi-untuk-mengedit-video-linux.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Web