Instalasi Open Cobol Di Linux


#Cobol?

Yah betul, mungkin namanya sedikit asing bagi kita ya. Bahasa yang tergolong sudah tua ini memang jarang terdengar. Tapi masih banyak digunakan dalam perusahaan perusahaan. Kali ini saya akan membuat tutorial Instalasi Open Cobol Di Linux.

COBOL (Common Business Oriented Language) adalah suatu bahasa komputer awam ( High Level Language) yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis. COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer bila terdapat compiler COBOL-nya. Diciptakan pada tahun 1959 dan dikembangkan oleh suatu grup bernama CODASYL (Conference on Data System Language).
Diperkenalkan pertama kali secara formal pada bulan Januari 1960. COBOL mempunyai banyak versi, sehingga untuk mempermudah penggunanya COBOL terus dikembangkan dan distandarisasi pada tahun 1968 dan 1974, diberi nama ANSI COBOL (American National Standard Institute COBOL)

COBOL dalam artinya saja bahasa pemrograman berorientasi bisnis, jadi bahasa ini berorientasi langsung dalam permasalahan bisnis atau perdagangan atau keuangan. Seperti pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran dan manipulasi file.

Mungkin bagi yang awal menggunakan bahasa ini akan sedikit kesulitan dengan banyaknya aturan yang berbeda dengan bahasa lain seperti Java atau Python. Tapi dengan belajar bahasa ini kita akan lebih teliti lagi dalam membuat kode program.

#Persiapan

Kali ini saya akan menginstall cobol pada laptop saya dengan OS Linux Elementary Freya :
1. Pertama pastikan laptop/pc anda terhubung ke internet karena akan mengambil source dari internet untuk menginstall aplikasi ini.

2. Setelah itu buka Terminal, lalu masuk ke mode root untuk install aplikasi. Lalu ketikan perintah dibawah :

# apt-get install open-cobol



3. Setelah selesai kita bisa mencoba melihat apakah proses instalasi berhasil atau tidak. Ketikan perintah berikut untuk melihat manual :

# man cobc



4. Setelah itu kita coba membuat program sederhana, ya betul sederhana. Seperti biasa kita awali membuat program sederhana Hello world!. Ketikan kode dibawah ini pada TextEditor, diperhatikan pada IDENTIFICATION DIVISION dimulai pada kolom ke 8. Lalu pada DISPLAY dimulai pada kolom 12.



5. Setelah itu simpan dengan nama hellocobol.cob, lalu buka Terminal untuk proses compile dan runningnya. Ketikan perintah untuk mengcompilenya :

# cobc -x hellocobol.cob

Setelah itu ketikan perintah dibawahnya untuk menjalankan program tersebut :

./hellocobol



#Selesai

Yap, proses Instalasi Open Cobol Di Linux dan membuat program sederhana pada cobol telah selesai. Anda bisa mengembangkan dalam pembuatan program selanjutnya. Semoga bermanfaat!!

#Sumber

https://panjieko.wordpress.com/2014/11/17/menjalankan-program-cobol-di-linux/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kependudukan Yang Terjadi di Indonesia

Pengertian, Sejarah dan Perkembangan Web